Sudah tidak terhitung lagi pilihan bisnis online di luaran sana. Semuanya berpotensi menghasilkan uang melimpah. Dengan syarat, Anda menekuni usaha tersebut sepenuh tenaga dan mampu beradaptasi di setiap kondisi.
Pada sisi lain, Anda mesti menentukan strategi promosi yang tepat dan efisien. Tidak memerlukan uang banyak, tapi dapat meningkatkan penjualan produk dalam waktu cukup singkat.
Teknik Pemasaran Bisnis Daring
Banyak strategi promosi bisnis online yang dipakai dan potensi penghasilannya cukup besar. Beberapa contoh di antaranya, seperti:
1. Pasang Iklan di Facebook
Pasang iklan di Facebook dapat menjadi strategi promosi bisnis online yang tepat bagi Anda. Kenapa demikian? Pasalnya jangkauan audiens iklan begitu luas, bahkan tembus di angka ribuan orang.
Jangkauan tersebut dapat diraih apabila Anda menganggarkan dana dalam jumlah sedikit. Kurang lebih 20 sampai 50 ribu untuk satu hari. Itu pun hanya berlaku bagi regional Indonesia.
Sementara apabila Anda mau mempromosikan barang ke luar negeri, Anda mesti mempersiapkan dana yang lebih besar. Sekurang-kurangnya untuk menjangkau ribuan orang, Anda mesti menggelontorkan dana hingga 5 juta rupiah.
2. Buat Website Sendiri
Strategi promosi bisnis online berikutnya adalah Anda harus membuat website sendiri. Di dalamnya, masukkan informasi lengkap mengenai produk yang akan dijual. Baik itu harga, spesifikasi sampai sistem pengiriman.
Jangan lupa, desain website Anda harus menarik orang banyak. Terus, tampilan usahakan serapi mungkin. Kenapa? Hal tersebut akan membuat calon konsumen betah melihat barang-barang yang Anda jual.
Pada sisi lain, usahakan situs Anda menggunakan domain profesional untuk menambah kredibilitas konsumen terhadap Anda. Tenang saja, Anda bisa memperolehnya dengan harga yang murah, sekitar 100 ribu per tahun.
3. Buat Toko Online di Marketplace
Di Indonesia terdapat beragam marketplace besar dengan jumlah pengguna yang tinggi, mungkin tembus sekitar jutaan orang.
Anda dapat memanfaatkan marketplace sebagai salah satu strategi promosi bisnis online yang tepat dan efisien. Dengan cara, membuka toko sendiri di platform tersebut. Kemudian, Anda mesti menata sebaik dan serapi mungkin.
Jangan lupa untuk memberikan voucher belanja kepada konsumen. Jika perlu, Anda dapat mengadakan program diskon dengan besaran tertentu. Asalkan mereka telah mencapai batas minimum belanja.
Untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke toko tersebut, Anda dapat mengikuti program pengiklanan di marketplace. Tenang saja, biayanya tidak terlalu mahal, yakni minimal 100 ribu untuk iklan selama 10 hari.
Strategi promosi bisnis online harus dibentuk seefektif dan seefisien mungkin. Beberapa contohnya telah tersebutkan pada pembahasan tadi. Anda dapat memilih salah satu sesuai kebutuhan masing-masing.